RUMUS MENGHITUNG DIAMETER PORTING INLET DARI RUMUS SEDERHANA SAMPAI YANG BIKIN PUSING
asalamu alaikum sodara,, masih bersama saya di EMS.. ehh ngelantur kaya penyiar radio aja.. langsung aja
yup.. seperti yang kita ketahui,, rumus sederhana dari porting inlet/outlet adalah :
80-95% untuk klep klep in.
90-110% untuk klep out,
sderhananya sudah ketemu diamter portingnya,, misal klep 23 menggunakan rumus 85%.. 23 x 0.85= 19.5.. hla kan sudah ketemu? lha lantas kenapa kok presentase rumus nya ada toleransi 80-95%? kok beda beda? motor balap di bengkel sana klep segini porting segini,, la disono kok lebih besar? motorku klep ukuran sama kok portingnya cuma 80% kok nggak 90% kaya motor balap? ada yang tau kenapa ?
karna pada sejatinya PORTING juga tergantung fungsi dr mesin tersebut,, semakin besar lubang porting maka puncak tenaga bin peak power motor tersebut akan bergeser ke rpm yang lebih tinggi.. maka dr itu porting buat kepasar ama porting buat balap diameternya berbeda meski dengan ukuran klep sama,, masa iya motor buat kepasar mau buat di set peak power 13000 rpm.. hehehe.. yang ada malah ga jd kepasar.. abis buat beli bensin uang belanjaannya.. lantas bagaimana porting yang sesuai dengan kegunaan..?
rumusnya memumetkan diri..
pertama kita harus mencari kecepatan piston :
rumus piston speed =
2x stroke(dlm satuan meter) x rpm puncak : 60
lanjut,, kita masukan bawang merah,, ehh
π masukan spek motor yang akan kita modif,,
misal nih mesi supri jadul,,
diketahui stroke 49.5mm,, dikonversi ke meter 0,0495
Rpm akan di set sampai 11.000 rpm (std nya kan power maximal cuma di kisaran 8000rpm)
ulangi lagi rumusnya..
piston speed = 2x stroke(sat meter) x rpm : 60
= 2x 0,0495 x 11000 : 60
= 18,15 m/s
piston speed sudah kita ketahui,, 18,15m/s,, masih sangat aman,, catatan: batasan piston speed aman sampai dengan 21 m/s, lebih dari itu sudah semacem ngeri kl buat harian,, makanya limiter CDI juga penting buat motor biar g kelewat jebol
π lanjut portingnya
rumus Porting in =
diamter piston x diamter piston(sat mter) x piston speed : 100
masukan lagi anunya,, ukuran pistonnya maksutnya hehehehe.. untuk contoh ni si supri dibore up sampai 54mm/0,054 pada stuan meter,,
= diamter piston x diamter piston(sat mter) x piston speed : 100
= 0,054 x 0,054 x18,15 :100
= 0.000529254
0.000529254 di akar di kali (X) 1000 = 23.005 /23mm
nah itu ketemu si porting 23mm,, dg perkiran tenaga sampai 11.000rpm.. hloalah porting 23 kudu pake klep ukuran berapa? pake klep std supra jelas tidak bisa,, lha std supra 23,, cari diamter klepnya sekarang
Diameter klep = Diamtr porting x 100 :85
In 23Γ100:85 = 27,00 mm..
itu klep seharusnya aman 27mm jika kita mengikuti patokan standar.. biar tidak mudah bocor,, jika 27mm kan per ssi klep masih dapat
27-23=4mm.. berarti per sisi klep dapat 2mm.,, aman dan anti bocor,,tapi itu bisa nego? bisa (wah kaya orang jualan aja,, nego by pm, wkakaka
π ).. lantas bagaimana kalo kita ikut balap disitu ter regulasi klep maksimal menggunakan 26/23.. ?
bisa saja.. toh lubang porting kan 23 jika klep pakai 26 masih rapet tuh, per sisi klep dapat 1.5mm,, masih aman,, klep minimal mendapat sisa 2mm.. /1mm per sisi klep,, itu batasan minimalnya
π tapi resikonya kl cuma klep nempel 1mm ya mudah bocor,, sering2 sekur klep dah kl buat harian
π wkwkwk kl buat balap sah2 aja sering2 d bongkar,,
untuk klep ex pakai aja patokan 85% dr klep in,, klep in misal tadi 27 x 0.85= 22.95,, digenepin 23 mm
π jadi klep in ex 27/23
π
yah kira kira begitulah perhitungan yang mumetnya
π mau yang lebih mumet lagi? ampun dah,,
π yang penting kan kencang
π semoga bermanfaat
yup.. seperti yang kita ketahui,, rumus sederhana dari porting inlet/outlet adalah :
80-95% untuk klep klep in.
90-110% untuk klep out,
sderhananya sudah ketemu diamter portingnya,, misal klep 23 menggunakan rumus 85%.. 23 x 0.85= 19.5.. hla kan sudah ketemu? lha lantas kenapa kok presentase rumus nya ada toleransi 80-95%? kok beda beda? motor balap di bengkel sana klep segini porting segini,, la disono kok lebih besar? motorku klep ukuran sama kok portingnya cuma 80% kok nggak 90% kaya motor balap? ada yang tau kenapa ?
karna pada sejatinya PORTING juga tergantung fungsi dr mesin tersebut,, semakin besar lubang porting maka puncak tenaga bin peak power motor tersebut akan bergeser ke rpm yang lebih tinggi.. maka dr itu porting buat kepasar ama porting buat balap diameternya berbeda meski dengan ukuran klep sama,, masa iya motor buat kepasar mau buat di set peak power 13000 rpm.. hehehe.. yang ada malah ga jd kepasar.. abis buat beli bensin uang belanjaannya.. lantas bagaimana porting yang sesuai dengan kegunaan..?
rumusnya memumetkan diri..
pertama kita harus mencari kecepatan piston :
rumus piston speed =
2x stroke(dlm satuan meter) x rpm puncak : 60
lanjut,, kita masukan bawang merah,, ehh

misal nih mesi supri jadul,,
diketahui stroke 49.5mm,, dikonversi ke meter 0,0495
Rpm akan di set sampai 11.000 rpm (std nya kan power maximal cuma di kisaran 8000rpm)
ulangi lagi rumusnya..
piston speed = 2x stroke(sat meter) x rpm : 60
= 2x 0,0495 x 11000 : 60
= 18,15 m/s
piston speed sudah kita ketahui,, 18,15m/s,, masih sangat aman,, catatan: batasan piston speed aman sampai dengan 21 m/s, lebih dari itu sudah semacem ngeri kl buat harian,, makanya limiter CDI juga penting buat motor biar g kelewat jebol

rumus Porting in =
diamter piston x diamter piston(sat mter) x piston speed : 100
masukan lagi anunya,, ukuran pistonnya maksutnya hehehehe.. untuk contoh ni si supri dibore up sampai 54mm/0,054 pada stuan meter,,
= diamter piston x diamter piston(sat mter) x piston speed : 100
= 0,054 x 0,054 x18,15 :100
= 0.000529254
0.000529254 di akar di kali (X) 1000 = 23.005 /23mm
nah itu ketemu si porting 23mm,, dg perkiran tenaga sampai 11.000rpm.. hloalah porting 23 kudu pake klep ukuran berapa? pake klep std supra jelas tidak bisa,, lha std supra 23,, cari diamter klepnya sekarang
Diameter klep = Diamtr porting x 100 :85
In 23Γ100:85 = 27,00 mm..
itu klep seharusnya aman 27mm jika kita mengikuti patokan standar.. biar tidak mudah bocor,, jika 27mm kan per ssi klep masih dapat
27-23=4mm.. berarti per sisi klep dapat 2mm.,, aman dan anti bocor,,tapi itu bisa nego? bisa (wah kaya orang jualan aja,, nego by pm, wkakaka

bisa saja.. toh lubang porting kan 23 jika klep pakai 26 masih rapet tuh, per sisi klep dapat 1.5mm,, masih aman,, klep minimal mendapat sisa 2mm.. /1mm per sisi klep,, itu batasan minimalnya


untuk klep ex pakai aja patokan 85% dr klep in,, klep in misal tadi 27 x 0.85= 22.95,, digenepin 23 mm


yah kira kira begitulah perhitungan yang mumetnya



Komentar
Posting Komentar