asalamu alaikum sodara,, masih bersama saya di EMS.. ehh ngelantur kaya penyiar radio aja.. langsung aja yup.. seperti yang kita ketahui,, rumus sederhana dari porting inlet/outlet adalah : 80-95% untuk klep klep in. 90-110% untuk klep out, sderhananya sudah ketemu diamter portingnya,, misal klep 23 menggunakan rumus 85%.. 23 x 0.85= 19.5.. hla kan sudah ketemu? lha lantas kenapa kok presentase rumus nya ada toleransi 80-95%? kok beda beda? motor balap di bengkel sana klep segini porting segini,, la disono kok lebih besar? motorku klep ukuran sama kok portingnya cuma 80% kok nggak 90% kaya motor balap? ada yang tau kenapa ? karna pada sejatinya PORTING juga tergantung fungsi dr mesin tersebut,, semakin besar lubang porting maka puncak tenaga bin peak power motor tersebut akan bergeser ke rpm yang lebih tinggi.. maka dr itu porting buat kepasar ama porting buat balap diameternya berbeda meski dengan ukuran klep sama,, masa iya motor buat kepasar mau buat di set pe...
Komentar
Posting Komentar